Tutorial Edit Gambar Like Up&Up Coldplay dengan Photoshop


Assalamualaikum dan selamat datang di blog ane gan. Hehe.

Sesuai postingan ane sebelumnya, di sini ane akan post tutorial bikin langit ada ikan-ikannya seperti dalam video  UP&UP milik Coldplay. Bagi yang beum tau, bisa cek di mari videonya.


Keren ga gan? Kalau agan pengen bikin, ya misalnya untuk nambah-nambah postingan Facebook atau Instagram, bisa di coba nih. Kita mulai ya tutorialnya.

1. Langkah pertama,  Siapin dulu gambar yang mau agan edit. contohnya gambar di bawah ini. Ane mohon maaf, karena ane g sempat capture gambar lain jadi ane edit seadanya aja. Mau ambil dari internet, kayaknya kurang afdol. hehee.


Gambar utama yang mau di edit
Gambar underwater sky. ane pakai ini karena langit berawannyanya kurang pas untuk di edit biasa
Gambar yang mau di tambahkan
Gambar yang mau ditambahkan
2. Buka aplikasi Photoshopnya. di sini ane pakai aplikasi Adobe Photoshop CS 6.

Skrinsyutnya
3. Selanjutnya atur ukurannya supaya proporsional. yang pasti ukuran ikannya lebih besar dari ubur-ubur ya. hehee. Kalau agan masih pemula banget, atur layer sesuai urutan berikut. Untuk mengurutkannya, tekan dan tahan layernya untuk mengurutkannya.

Layer
4. Untuk editing ini. Teknik utama yang dipakai adalah, penggunaan selection tool, pengaturan opacity, pengaturan curves dan sedikit naluri hehe.

Selection tool 
Sub menu curve. Shortcut dengan menekan CTRL + M
Letak opacity, dekat layer
5. Yap. pertama import gambar tambahan yang akan kita masukkan ke gambar utama. Klik tanda centang di pojok kanan atas.

6. Kalau di adobe CS 6, gambar yang dimasukkan harus di rasterize dulu supaya bisa di edit. Karena objek tersebut akan menjadi smart object. Caranya klik kanan pada layer yang baru aja di tambahkan, klik kanan dan pilih rasterize layer.


7. Pilih selection tool, seleksi gambar ikannya aja dan pisahkan dari background airnya. Cara misahinnya ada dua cara. kalau agan cukup rapi seleksinya, Agan bisa tekan tombol CTRL + I dan tekan tombol delete. ini membalikkan area yang di seleksi. Atau bisa juga dengan refine edge di menu layer. Kalau udah oke tinggal tekan CTRL + J untuk duplikat layer dan delete layer aslinya. karena yang di duplikat adalah gambar asli.

Seleksi badan ikannya ya gan. di sini ane pakai Polygonal Lasso Tool
Jadinya gini. ane pakai teknik Refine Edge
8. Tips menggunakan selection tool, pilih salah satu tool yang akan di gunakan. kalau ane sih sukanya pakai Polygonal Lasso Tool. Itu kan garis yang muncul berupa garis lurus ya gan? Nah supaya bisa mengikuti kontur badan ikan, di klik-klik aja. Kalau misalnya garis seleksi kurang rapi, area yang terseleksi bisa di perbaiki dengan opsi berikut yang berada di pojok kiri atas.


Paling kiri untuk seleksi objek baru, ke dua untuk mnambah garis seleksi, dan yang ketiga untu mengurangi garis seleksi. Kalau yang terakhir untuk mengambil area di antara dua garis seleksi. Seperti kita mengambil pertemuan antar dua lingkaran dalam diagram Venn.

Supaya terkesan rapi dan ada gradien warna, pilih sub menu Refine Edge ya di Menu Select. Feather gunanya untuk mengatur supaya efek gradiennya muncul dan edge untuk mengatur membantu garis seleksi yang di Refine Edge jadi lebih pas.

Refine Edge
9. Kalau Udah di seleksi dan dipisahin dari airnya, saatnya main curve. Letaknya di Menu Images dan sub menu adjustment. Gunanya untuk mengatur kecerahan gambar. Kalau langit yang d foto agan cerah banget, buat gambar hiunya lebih cerah juga ya. Soalnya hiu di sini warna dasarnya agak gelap. Kalau udah beres, atur opacity nya supaya terlihat menyatu dengan background.

Di sini agan di uji main naluri hhehe
10. Karena ane mau nyisipin gambar langit bawah laut, ane perlu untuk seleksi gambar-gambar rumah di bawah supaya ga tertutup gambar langit bawah laut. Seleksi gambar tersebut sekaligus sungainya, pertama tekan CTRL + J untuk duplikat lalu tekan kontrol shift+I untuk inverse atau membalikkan garis seleksi. Tekan delete.

Before
After
11. Kalau sudah, pertama, atur langit bawah lautnya supaya cerahnya kurang lebih seperti gambar asli background. terus atur opacitynya supaya terlihat menyatu. Kedua, atur juga gambar ikannya dengan curve dan opacity. kurang lebih seperti ini.


12. Setelah beres, gunnakan cara yag sama untukk seleksi ubur-ubur, pesawat dan binatang lain yang mau agan tambahkan. hehe

13. Done. Ntar di tambahin filter di Instagram atau di Facebook biar tambah kece.

Beresnya gini.
Gimana gan, masih bingung? Silahkan komen di bawah, Insya Allah ane bakal fast response. Hehe
Nantikan post ane untuk edit versi videonya menggunakan Adobe After Effect ya  gan :) 
Selamat mencoba.

Oiya, bagi yang kebetulan mampir dan liat template blog ane amburadul, mohon di maklumi aja, karena butuh sampai 10 postingan supaya template blognya berjalan dengan baik, dan ini baru postingan ke tiga. Insya Allah ane bakal rajin update hehe.

Wassalam.
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Read first, then comment :)